Beranda > Berita LKP Perintis Computer > BlackBerry Peer to Peer PIN Message

BlackBerry Peer to Peer PIN Message

Salah satu fitur BlackBerry yang jarang dipakai user BlackBerry namun tetap tersedia adalah PIN Message / Peer to Peer messaging.

Apa itu PIN Message / Peer to Peer mungkin saja anda belum tahu kegunaan peer to peer pin message dan cara menggunakannya.

Perbedaan antara BBM dan Peer to Peer
adalah: BlackBerry Messenger adalah aplikasi chatting
yang lengkap dengan fitur : update status, update profile picture / avatar, chatting dengan indikator D-delivered dan R-read, mengirim emoticons, encrypted dengan aman, group chats, send picture, send location, voice chat di BBM 7 dan masih banyak lagi.

Sedangakan Peer to Peer PIN Message yang juga menggunakan PIN adalah “text messages” yang simple seperti SMS / email yang dikirim lewat data (tanpa kena pulsa sms). PIN message disediakan secara standard dan tidak memerlukan aplikasi BBM untuk mengirim data. Data tidak se-aman BBM karena hanya di “scrambled” dan bukan di encrypt seperti di BBM.

Kenapa PIN Message dan tidak BBM saja. Karena BBM adalah aplikasi social dimana contacts BBM anda akan mengetaui setiap recent updates anda, mungkin anda tidak ingin semua user yang mempunyai BlackBerry untuk menjadi contacts BBM. Anda bisa mengirim peer to peer PIN message tanpa mereka menjadi contact BBM anda.

Anda bisa mengirim PIN message ke siapa saja dan kapan saja jika anda mengetahui PIN nya. Anda juga tidak perlu di accept menjadi BBM contacts penerima. Anda bisa mengirim PIN message kepada user lainnya. (ini yang membuat banyak penipu undian mengirim berita undian palsu via PIN Message, baca Modus Penipuan Undian atas nama RIM BlackBerry)

Jika anda mengetahui PIN orang, anda bisa mengirim message seperti SMS tanpa mereka accept anda di BBM. Penerima juga tidak memerlukan aplikasi BBM untuk menerima PIN message anda.

Pengirim juga tetap bisa mengirim PIN Message walaupun di delete sebagai contacts BBM.

Cara Mengirim Peer to Peer PINMessage Anda bisa menemukan menu “compose pin message” waktu anda buka folder “messages” atau “email inbox” PIN message akan masuk ke inbox/folder general “messages” dan bukan email inbox Di BlackBerry 10, anda bisa menemukan fitur ini di BlackBerry Hub.

Untuk compose pin message anda perlu tau nomor PIN BBM contacts anda yang anda simpan di contacts/address book atau ketik PIN secara manual seperti ketik nomor HP untuk SMS.

Yang sering menggunakan PIN message adalah penipuan undian yang membuat penerima bingung dan percaya karena pin message bisa tampil nama pengirim menjadi “RIM / BlackBerry” jika pengirim setting nama tersebut sebagai nama di aplikasi BBM.

PIN message yang tampil nama BlackBerry daripada nomor PIN membuat penerima percaya bahwa pengirim memang dari BlackBerry. Ini juga sering terjadi pada hoax PIN message mengenai BlackBerry penerima di blokir oleh
BlackBerry Limited karena salah kegunaan.

Sayang sekali, fitur Peer to Peer PIN Message di salah gunakan oleh user yang tidak bertanggung jawab.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: