Beranda > Microsoft Office, MS-Word > BAB IV CETAK TEBEL DAN BORDER

BAB IV CETAK TEBEL DAN BORDER

4.1.     Pilihan-Pilihan Mencetak

Pada bagian sebelumnya kita telah belacar mencetak pada layar, tetapi belum mempelajari pilihan mencetak secara lengkap. Sebagai contoh bukalah dokumen latihan yang pernah anda buat,kemudian berikan perintah mencetak dengan memilih menu File – Print atau Ctrl + P . Anda akan menemukan Kotak Dialog Print sebagai berikut :

Apabila anda memilih ikon Print []. Maka pilihan-pilihan yang digunakan adalah pilihan default dari printer tersebut (Kotak Dialog Print tidak mundul), anda tidak dapat merupah pilihan-pilihan yang tersedia pada kotak dialog.

Perintah-perintah sebagai berikut :

a.     Printer

Untuk menentukan printer yang akan dipakai mencetak (name adalah nama printer yang dipakai)

b.    Properties

Adalah pengaturan-pengaturan printer (kotak dialog yang muncul ketika kita klik properties akan berbeda tergantung dengan jenis printer yang digunakan, pada umumnya properties printer berisikan :

v       Lembar Paper, Untuk menentukan spesifikasi kertas yang dipakai dan arah letak kertas.

v       Lembar Graphics, Pilihan yang dipakai untuk mencetak grafik

v       Resulition, Untuk menentukan resulusi cetakan dalam satuan dot (titik) per inchi (DPI)

v       Dithering, dipakai jika printer memakai pencampuran warna untuk menghasilkan warna biru

v       Intensity Control, untuk menentukan intesitas warna, diskest untuk pilihan intensitas warna yang tinggi dan lightest untuk intensitas warna yang kurang

v       Resttore Defaults, untuk mengembalikan semua pilihan printer ke default

v       Lembar Device Option, menentukan pilihan-pilihan media cetak

v       Print Quality, untuk menentukan kwalitas pencetakan, bisa pilih normal mode untuk kwalitas terbaik atau fast mode untuk kwalitas baik.

c.     Find Printer

Untuk mencari printer yang terhubung dengan komputer.

d.     Print to file

Apabila anda ingin mencetak berupa file.

e.     Page Range

Pilihan All jika seluruh halaman dicetak dan pilih current page jika yang dicetak pada halaman posisi kursor berada, pages jika yang dicetak halaman tertentu saja dan selection apabila kita ingin mencetak bagian halaman yang di pilih (blok)

c.     Copies

Diisi berapa kali tiap halaman di cetak, Collage pengaturan pencetakan muliti dokumen.

d.     Print What

Pilihlah Documen jika yang dicetak adalah dokumen, pilih Summary info jika yang dicetak summary info (informasi ringkas dokumen pada saat menyimpan file). Pilih Annotation jika yang dicetak adalah annotation, pilih styles jika yang dicetak adalah informasi styles yang sekarang dipakai dalam dokumen, pilih auto text enteres jika yang dicetak adalah daftar auto text dan Pilih key assignments jika yang dicetak marco dan isinya.

e.     Print

Diisi Page in range jika dicetak adalah halaman genap dan ganjil, Pilih Odd Pages apabila yang dicetak adalah halaman ganjil dan pilih Even Pages jika yang dicetak halaman genap saja.

f.      Option

Berisi pilihan tambahan dalam pencetakan, pilihan pencetakan option adalah sebagai berikut :

v       Printing Option, terdiri dari pilihan :

– Draf output, menggunakan hasil cetakan Draff

– Update fields, pada saat mencetak langsung mengupdate file dengan membuka ulang sumbernya.

– Update links, pada saat mencetak langsung mengupdate objek yang dihubungankan (linked) dengan membaca ulang sumbernya

– Allow/A4/latter paper resizing, mengijinkan untuk merubah ukuran kertas

– Background printing, Menggunakan pencetakan latar belakang, artinya selama proses mencetak anda masih tetap bisa bekerja

– Print postScript over rext

– Reverses print order, tetap menerima perintah pencetakan walaupun masih berlangsung proses pencetakan.

v       Include with documen, terdiri dari pilihan :

– Documen Properties, apabila anda ingin mencetak documen properties

– Field codes, jika anda ingin mencetak field codes

– Comment, jika anda ingin mencetak comment

– Hidden text, jika anda ingin mencetak teks yang diberi tatanan hidden (disembunyikan)

– Drawing objects, jika anda ingin mencetak objek gambar dalam dokumen

v       Option for current document only, Jika anda ingin mencetak datanya saja pada dokumen formulir, Default Tray menentukan alat penyimpanan dan pengambilan kertas pada perinter yang dipakai.

v       Option for Duplex Printing, untuk pengaturan multi documen.

 

4.2.     Membuat Tabel

Untuk membuat tabel Klik ikon Table [] diteruskan dengan menentukan  pilihan jumlah baris dan kolom yang dikehendaki. Disarankan anda cukup menentukan jumlah kolomnya saja, karena penambahan baris akan dilakukan pada saat pengisian data. Jika anda melakukan pengisian data untuk pindah kekolom berikutnya maka gunakan TAB danjika anda berada di baris dan kolom terakhir dan anda menekan tombol TAB secara otomatis akan menambah baris.

Jika anda menekan Enter pada suatu sel, maka teks hanya akan  berpindah baris tetapi masih tetap pada sel yang sama (Satu sel berisi beberapa baris teks).

Anda juga dapat membuat Tabel dengan meng- Klik Menu Table- Insert –Table dan akan muncul kotak dialog sebagai berikut :

Kita tinggal menentukan berapa jumlah kolom pada Number of columns dan baris pada Number of rows apabila kita ingin menggunakan tatanan tabel otomatis maka kita bisa langsung memilih AutoFormat (Lebih jelas akan diterangkan pada Sub Bab 4.4):

a.     Menambah Baris tabel

Untuk menambah baris tidak diperlukan perintah khusus karena jika kursor berada pada kolom dan baris terakhir lalu anda tekan TAB maka secara otomatis baris akan bertambah.

b.    Menyisipkan baris tabel

Untuk menyisipkan sebuah baris tabel atau lebih blok lah jumlah baris yang diinginkan mulai posisi baris akan disisipkan, lalu pilihlah menu Table à Insert à Row

c.     Menghapus baris tabel

Untuk menghapus sebuah baris tabel atau lebih blok lah jumlah baris yang akan dihapus, lalu pilihlah menu Table- Delete – Row

d.     Merubah tinggi baris tabel

Untuk merubah tinggi baris, anda bisa langsung melakukan draging pada garis mistar vertika/miring, pada saat kursor berubah menjadi [] atau menggunakan cara lain untuk mengatur beberapa baris sekaligus, yaitu dengan memilih beberapa baris yang akan diatur tingginya dengan cara di blok, lalu pilihlah menu Table Table properties- Row

e.     Menyisipkan dan menambah kolom

Untuk menyisipkan kolom caranya hampir sama dengan menyisipkan baris tabel, yaitu dengan memilih (Blok) kolom yang akan digeser, setelah itu pilih menu Table Insert Columns, jumlah kolom yang diinginkan tergantung jumlah kolom yang di Blok. Untuk menambah kolom caranya cama saja, hanya kolom yang diblok adalah kolom terakhir.

f.      Menghapus kolom

Untuk menghapus kolom pilihlah (blok) kolom yang akan dihapus kemudian pilihlah menu Table Delete Columns.

g.     Mengatur lebar kolom

Untuk mengatur lebar kolom, anda bisa langsung melakukan draging pada garis mistar tegak/horisontal, pada saat kursor berubah menjadi [] atau menggunakan cara lain untuk mengatur beberapa kolom sekaligus, yaitu dengan memilih beberapa kolom yang akan diatur tingginya dengan cara di blok, lalu pilihlah menu Table Table properties Columns.

h.     Jumlah kolom berbeda dalam satu tabel

Untuk membuat suatu tabel dengan jumlah kolom atau baris yang berbeda dapat anda lakukan dengan cara :

Pilih Sel yang akan dibagung menjadi satu Sel

Pilih Menu Table – Merge Calls atau Klik Ikon Merge Calls []

Setelah jadi satu sel, hapus tanda akhir paragraf pada sel tersebut dan tetntukan perataanya dengan menggunakan ikon perataan teks tabel []

Contoh tabel :

No Nama Siswa Kelas Alamat
Urut Induk
1 PC-OO-028 Ardiansyah Privat Majalengka
2 PC-OO-029 Susilawati Kursus Cirebon
3 PC-OO-030 Susi Susanti Privat Bandung
4 PC-OO-031 Siti Mayah Privat Kuningan
5 PC-OO-032 Syaugie Kursus Jakarta

 

4.3.     Rumus dan Fungsi Tabel

Dalam pengisian tabel anda dapat menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan. Penulisan rumus dan fungsi diawali dengan tanda sama dengan (=), alamat sel yang dipakai adalah dengan menggunakan kolom dan baris. Kolom pertama di beri nama A walaupun berisi judul tabel, kolom ke dua diberi nama B dan seterusnya, baris pertama di beri nama 1, baris ke dua diberi nama 2 dan seterusnya.

Untuk memasukan rumus dan fungsi dalam tabel lakukanlah dengan cara berikut :

a.  Tempatkan kursor sel yang akan diisi

b.  Pilih menu Tabel-Formula atau (Alt + A lalu O)

c.  Ketik rumus dan fungsi yang dinginkan

d.  Klik OK

Anda dapat menentukan tantan angka dengan mengklik dan memilih number format, paste function dapat dipakai untuk mengambil nama fungsi yang disediakan dan paste bookmark dapat anda pakai untuk mengambil bookmark (yaitu suatu tempat berupa field yang diberi nama)

Untuk menjumlahkan anda bisa menggunakan Autosum dengan cara menempatkan kursor pada sel yang akan diisi, lalu klik ikon Autosum [].

 

4.4.     Tatanan Tabel Otomatis

 

Anda dapat mengatur tatanan (format) tabel, termasuk garis-garis dan warna dengan cara otomatis, untuk menggunakan tatanan tabel otomatis, pilih (blok) tabel yang akan ditatan, kemudian pilih meu Table-Table Autoformat, atau klik icon Tabel Autoformat [].

a. Category, Pilihan jenis katagori tabel.

b. Table Styles, Pilihlah satu bentuk tatanan tabel yang disediakan jika anda menunjuk salah satu pilihan, maka muncul pada kotak Preview.

c. Apply Special Formats to, untuk menentukan apakah bagian tertentu dalam tatanan otomatis akan diterapkan pada tabel

d. Apply, Menentukan border, shanding, font dan warna pada tatanan otomatis akan diterapkan pada tabel.

 

4.5.     Mengguankan Border

Borders (garis batas) dapat dipakai untuk memberikan bingkai atau warna dasar (shanding) pada suatu objek, termasuk tabel, Teks dan gambar. Untuk memberi border dilanjutkan dengan memilih menu Format- Borders Shanding (Alt + O lalu B).

a. Lembar Borders, untuk menentukan garis-garis bingkai pada objek yang akan diberikan border, terdiri dari :

–   Setting, menentukan bentuk awal border yang dipakai

–   Style, untuk menentukan jenis garis yang dipakai

–   Color, untuk menentukan warna garis

–   Width, untk menentukan lebar garis

–   Preview, tampilan hasil tatanan

Untuk membuat borders bisa juga menggunakan Toolbar Tabel and Borders, untuk memunculkan toolbar tabel and borders dengan cara klik kanan pada lajur Menu beri Centang [] Tabel and Borders atau bisa dengan cara Klik Ikon Tabel and Borders pada toolbar Standar.

  • Lembar Page Borders, Untuk menentukan garis-garis bingkai pada halaman yang akan diberi borders, lembar kerja ini sama seperti lembar kerja borders perbedaannya terletak pada penambahan menu Art yang berisikan jenis-jenis bingkai yang akan digunakan.

  • Lembar Shanding, Untuk menentukan warna atau motif latar belakang objek

KEMBALI KE BAB LAINNYA

  1. 15/07/2012 pukul 21:41

    Reblogged this on ILYAS6908 BLOG.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: