Beranda > Download, Microsoft Office, MS-Word > Membuat Label Undangan dengan MS Word 2007

Membuat Label Undangan dengan MS Word 2007

Sering kali kita disuruh oleh saudara, rekan kita untuk membuat label Undangan untuk acara seperti hajatan pernikahan, khitanan ataupun ulang tahun. Ada cara sederhana namun praktis untuk membuat label undangan ini, dengan memanfaatkan fasilitas MailMerge.

Berikut ini cara membuat label undangan dengan cara sangat sederhana, baik dalam membuat master label maupun mengetik data isiannya.

Langkah Pertama : kita membuat master label, misalkan kita akan membuat master label dengan jenis Label 103, langkah yang harus dilakukan adalah :

1. Buka dokumen Baru pada Microsoft Word
2. Tentukan page setup dokumen sesuai dengan jenis kertas label. Contoh kita gunakan height : 16 cm dan width : 21.5 cm dengan margin left : 0.5 cm, right : 0.5 cm, top : 0.5 cm dan bottom : 0.5 cm.
3. Setelah kita mengatur page setup dokumen langkah selanjutnya kita membuat table dengan jumlah kolom 5 dan baris 7. Kemudian atur lebar dan tinggi kolom seperti gambar berikut :

4. Setelah selesai membuat table agar nanti hasilnya tepat dengan Lebel yang akan kita gunakan kita dapat mencoba dengan mencetak di kertas dan disesuaikan dengan label yang kita gunakan sampai hasilnya benar-benar sesuai dengan yang kita inginkan.
5. Setelah selesai mencoba dengan di cetak, kita hilangkan garis tebel agar nanti ketika kita mencetak garis tebel tidak terlihat.
6. Simpan dokumen tadi dengan nama LABELMASTER

(anda bisa membuat label secara otomatis baca Membuat Label 103 di Word 2007)

Langkah Kedua : kita membuat data, misalkan kita akan membuat data dengan filed Nama, Pekerjaan dan Alamat. Langkah yang dilakukan adalah :

1. Buka dokumen baru
2. Buat table dengan jumlah kolom 3 dan jumlah baris 5 (jumlah baris dapat ditambah ketika kita mengetik data dengan cara menyimpan kursor di akhir kolom dan baris kemudian tekan TAB).
3. Pada kolom pertama baris pertama isikan Nama.
4. Pada kolom kedua baris pertama isikan Pekerjaan.
5. Pada kolom ketiga baris pertama isikan Alamat.
6. Pada kolom dan baris selanjutnya isikan nama, pekerjaan dan alamat, Lihat gambar

7. Kita juga dapat membuat table seperti diatas di Program Microsoft Excel yang kemudian di copy ke Microsoft Word.
8. Setelah kita selesai menyunting data maka simpan dokumen tersebut dengan nama LABELDATA

Langkah Ketiga : Langkah ketiga ini menggabungkan kedua dokumen tersebut, Langkah yang kita lakukan adalah sebagai berikut :

1. Buka kembali Dokumen File LABELMASTER
2. Pilih Menu Mailling dan Klik Star Mail Merge Pilih Select Recipients dan Pilih Use Existing List

3. Akan muncul kotak dialog Select Data Source, cari yang telah kita buat tadi dengan nama LEBELDATA dengan merubah Look in, setelah ditemukan kita Klik Open

4. Setelah langkah diatas kita lakukan, selanjutnya kita memasukan filed ke dalam table yang kita buat dengan cara kita klik icon …. Kemudian klik Filed satu persatu sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Setelah kita masukan semua filed- filed hasilnya sebagai berikut :

5. Hal yang paling penting yang harus dilakukan adalah kita meletakan Next Record didepan filed nama selain di filed nama pada kolom pertama baris pertama. Cara memasukan Next Record Klik Rules pilih Next Record.

Sehingga seperti gambar berikut :

6. Untuk melihat hasil penggabungan data tadi dengan cara mengklik Ikon

Dan lihat hasilnya seperti ini :

…. Selamat Mencoba .

Contoh : File LABELMASTER.Docx dan LABELDATA.Docx

Label Undangan dengan MS Excel disini

Baca Juga :
Label Undangan dengan Microsoft Excel

Membuat Label 103 di Word 2007

About these ads
  1. HARRY
    10/06/2010 pukul 21:41

    THANKS, ATAS INFONYA. SEKARANG UDAH BISA

    • 10/06/2010 pukul 21:41

      Tks kunjungannya gan…semoga bermanfaat.

  2. udi
    26/06/2010 pukul 21:41

    gak ada pengaturan ukuran yang otomatis ya???

    kita harus mati-matian ngepaskan ukuran tabel

    • 27/06/2010 pukul 21:41

      Sebenarnya kita bisa buat label secara otomatis sesuai dengan label yang kita punyai dengan menggunakan fungsi Mailings – labels kemudian pilih Labels-Options, kalau label yang kita punyai ada kita bisa langsung pilih, tetapi beila ditdak ada ana bisa pilih New Label, disini baru kita tentukan ukuran dan model label yang kita punya, dan hasilnya kurang lebih sama dengan tabel yg kita buat secara manual.
      Maaf kalau penjelasannya kurang detail ini hanya sekedar info terima kasih atas kunjungannya.

  3. joko
    29/06/2010 pukul 21:41

    saya kurang paham dengan cara penggunaannya KK

    • 09/07/2010 pukul 21:41

      Terima kasih telah berkunjung…
      kalau anda telah berhasil proses di atas, itu dapat digunakan untuk mencetak di Label 103 dengan menggunakan fasilitas cetak mail merger, anda bisa pilih menu Mailings-Finish & Merge-Print Documents, dan menentukan record awal dan akhir pencetakan kemudian OK, nanti akan tampil kotak dialog Print, anda tidak usah melakukan setting disini langsung aja print.
      Bisa juga anda gunakan perintah cetak biasa seperti anda mencetak di MS Word dengan terlebih dahulu menampilkan record yang akan dicetak, tapi dengan perintah ini mempunyai kekurangan kita hanya bisa mencetak satu lebar lebel 103 (12 record).

  4. Zacky
    28/09/2010 pukul 21:41

    thx mass ilmu.a
    mksh bnyak pokok.a… ^_^

  5. Hendri Yanto
    16/11/2013 pukul 21:41

    setelah saya cobakan ternyata tidak bisa mas, alasannya untul halaman pertama memang berhasil, tetapi masuk ke halaman kedua nama yang sudah ada di halaman pertama tetap muncul pada halaman kedua, mohon ditinjau kembali petunjuk pembuat label undangan ini mas!

    • Ali
      17/11/2013 pukul 21:41

      Kalau bapa sudah benar cara2 diatas kayanya udah bener pa, tolong periksa pa pada filed pertama (Kolom dan baris pertama) pada label jangan menggunakan perintah next record. atau bapa sebaliknya semuanya tidak menggunakan perintah next record pada filed2 berikutnya sehingga akan menampilkan record2 itu saja. Dan disini tidak menampilkan per halaman pa, yg ditampilkan/dicetak itu sesuai jumlah record.

  6. 13/12/2013 pukul 21:41

    artikel mantaps
    bisa dicoba
    thanks bro!

  7. ummu intishar
    15/12/2013 pukul 21:41

    admin…sy sdh cb…utk hal.pertama semua datax cocok dg list nama yg d database yg sdh sy buat,tp pas diklik next utk mw ngeprint selanjutx…datax double…mis…utk kolom pertama baris pertama namax abdul,kolom kedua baris pertama bedu,kolom pertama baris 2 ceri..eh pas diklik next…(halamn berikutx)yg muncul di kolom pertama baris pertama bedu kolom kedua baris 1 ceri…pokokx datax tumpang tindih…bergeser gitu aja

    • Ali
      31/12/2013 pukul 21:41

      Perpindahannya per record bukan per halaman

  8. ummu
    15/12/2013 pukul 21:41

    Sy jg sm dg komen yg d atas…pd hal kedua ad data yg sm dg hal pertma…mis data pd kolom2 bris 1 nanti pd hal brikutx bakaln menempati posisi kolom 1 baris 1…bgtu seterusx..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: